Ayudwie's Blog











{December 22, 2011}   Penalaran Deduksi dan Rantai Deduksi

Tugas 3
Penalaran Deduksi
1. Simpulan secara langsung
a. Semua S adalah P
Sebagian P adalah S
Contoh :
 Semua ular adalah berbisa
Sebagian berbisa adalah ular
 Semua rambutan adalah manis
Sebagian yang manis adalah rambutan

b. Tidak satupun S adalah P
Tidak satupun P adalah S
Contoh :
 Tidak satupun batu adalah cair
Tidak satupun cair adalah batu
 Tidak satupun es adalah panas
Tidak satupun panas adalah es

c. Semua S dalah P
Tidak satupun S adalah P
Contoh :
 Semua paus bernapas dengan paru-paru
Tidak satupun paus yang tidak bernapas dengan paru-paru
 Semua pohon kelapa akarnya berserabut
Tidak satupun pohon kelapa akarnya berserabut

d. Tidak satupun S adalah P
Semua S adalah tidak P
Contoh :
 Tidak satupun gula adalah asin
Semua gula adalah tidak asin
 Tidak satupun jeruk adalah apel
Semua jeruk adalah tidak apel

e. Semua S adalah P
Tidak satupun S adalah P
Tidak satupun tidak P adalah S
Coontoh :
 Semua garam adalah asin
Tidak satupun garam yang tidak asin
Tidak satupun yang tidak asin adalah garam
 Semua sel darah putih adalah leukosit
Tidak satupun sel darah putih yang buka leukosit
Tidak satupun yang bukan leukosit adalah sel darah putih

Tugas 4
2. Simpulan secara tidak langsung
a. Silogisme kategorial
Contoh :
 Semua hewan adalah bernafas
Kucing adalah hewan
Jadi,kecing bernafas
 Semua orang tua adalah penyayang
Ibu adalah orang tua
Jadi,ibu adalah penyayang

b. Silogisme Hipotesa
Contoh :
 Jika emas dipanaskan emas akan memuai
Emas dipanaskan
Jadi,emas memuai
 Jika es dipanaskan es akan mencair
Es dipanaskan
Jadi,es mencair

c. Silogisme Alternatif Pilihan
 Saya ingin makan soto atau sate
Saya makan soto
Jadi,saya tidak makan sate
 Saya ingin berlibur keBali atau Lombok
Saya berlibur ke Lombok
Jadi,saya tidak berlibur ke Bali

d. Entimen
 Semua professor adalah orang yang Jenius
Yandhi adalah seorang Profesor
Jadi,Yandhi orang yang Jenius
 Semua kucing hewan yang lucu
Kitty adalah kucing
Jadi,Kitty hewan yang lucu
e. Rantai Deduksi
Contoh :
 Pare pahit rasanya
Tidak satupun pare yang tidak pahit
Jadi,semua pare pahit rasanya
Tidak satupun pare itu manis
Tidak satupun yang manis adalah pare
Semua pare rasanya pahit
Sekarang musim pare
Jadi banyak pare yang pahit
Tidak semua pare adalah mengkudu
Semua pare adalah bukan mengkudu
Pare buah yang pahit
Pak Ali jualan pare
Jadi,saya tidak mau mebeli pare pak Ali
Pare ingin disayur tumis atao sop
Pare disayur tumis
Jadi,pare tidak disop
Ibu membeli pare
Pare adalah buah yang pahit
Jadi,saya tidak mau makan sayur pare
Saya diberi sayur pare oleh ibu
Saya tidak suka sayur yang pahit
Jadi,saya menolak sayur pare pemberian ibu
Semua pohon pare akan mati
Sebagian yang akan mati adalah pohon pare
Semua pare rasanya pahit
Tidak satupun pare yang tdak pahit
Tidak satupun yang tidak pahit adalah pare
Jika pare dimasak akan layu
Pare dimasak
Jadi,pare layu



Leave a Reply

et cetera
